Rabu, 29 Februari 2012

Mengapa Pisang???



Di situs ini, saya akan mencoba menjawab perntanyaan tersebut. Berdasarkan salah satu buku yang saya jadikan sebagai referensi untuk membuat artikel ini, satu buah pisang besar mengandung 11 mg kalium, 35 mg fosfor, 1 mg zat besi, 503 mg potasium, 260 IU vitamin A, 1 mg niasin, dan 14 mg vitamin C. Pisang juga mengandung kromiun, mikronutrisi yang berfungsi mendorong aktivasi enzim dalam metabolisme glukosa guna menghasilkan energi, sintesis asam lemak dan kolesterol. Nilai energi buah pisang yaitu sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat.
 
Nilai energi pisang ternyata dua kali lipat lebih tinggi daripada buah apel. Mengapa demikian? Karena apel dengan berat sama yaitu 100 gram hanya mengandung 54 kalori. Perbedaannya jauh sekali bukan? Dengan demikian, pisang tergolong dalam jenis buah-buahan yang sangat bergizi karena mengandung dan menyediakan energi yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan yang lain.

Q :Lalu, mengapa para atlet senang mengkonsumsi buah pisang?


A: Karena, karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.

Jadi, kandungan energi pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.

Itu lah sebabnya mengapa kita perlu mengkonsumsi buah pisang, karena pisang mempunyai kandungan gizi yang sangat baik dan mampu menyediakan energi yang cukup untuk tubuh kita dibandingkan dengan buah-buahan yang lain. Yuk, kita jaga kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi buah pisang! ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar