Jumat, 03 Februari 2012

17 17 17 dan 17

yeyeyeee 17 ^_^
"Angka 17 sangat berbeda dan mempunyai arti yang sangat penting, baik secara individu, bangsa dan agama, yaitu umur 17 tahun untuk anak remaja, tanggal 17 Agustus untuk bangsa Indonesia dan 17 Ramadhan untuk agama Islam, tanggal 17 untuk hari kelahiran ku, umur ku yang 17 pada 2011 yang lalu, dan 17 untuk sekolah ku yg tercinta".


Jika kita melihat, menulis atau membaca angka 17 itu memang terasa sama saja dengan angka-angka lain yang terdiri dari angka satu dan angka tujuh, itu kalau kita melihat, menulis atau membaca begitu saja dan tanpa kita mengkaitkan dengan berbagai kejadian-kejadian yang terjadi kejadian sekeliling kita. Tetapi pada saat angka 17 itu kita kaitkan dengan kejadian-kejadian individu, bangsa dan agama, maka kita akan menemukan berbagai kejadian-kejadian besar yang patut kita catat sebagai salah satu sejarah yang tak bisa kita lupakan begitu saja. Kenapa angka 17 itu unik dan kenapa patut kita rayakan serta tidak boleh kita lupakan begitu saja? Jawabannya tentu mempunyai keunikan karena angka 17 itu baru unik jika kita kaitkan dengan kejadian individu, bangsa dan agama.

Pertama, 17 bagi bangsa Indonesia menjadi angka sangat istimewa, sebab pada tanggal itu, bulan Agustus, tahun 1945, merupakan titik cerah bagi jutaan jiwa se-nusantara. Bung Karno sebagai proklamator menentukan tanggal 17 Agustus, bukan sebelum atau sesudahnya. Meski diculik dan diancam, Bung Karno berkeras hanya akan membacakan teks proklamasi pada tanggal 17. Mengapa? Perdebatan dalam menentukan angka 17 ternyata tidak saja menyangkut masa (timing), namun juga mempertimbangkan makna teologis, numorologis hingga mistis.


Atas dasar pertimbangan-pertimbangan keistimewaan angka 17 dan keyakinan mistis, Bung Karno yakin Indonesia hanya dapat keluar dari belenggu penjajahan pada tanggal 17, bukan di tanggal lain. Percaya atau tidak percaya, faktanya dengan fasilitas serba terbatas dan disiapkan dalam tempo semalam suntuk saja, pada pukul 04.00 WIB, saat fajar menyingsing, ketika waktu sahur puasa Ramadhan pada tanggal 17 Agustus 1945 berakhir, naskah proklamasi selesai ditulis dan dibacakan pada siang hari, pukul 10.00 WIB.


Kedua, yang berkaitan dengan individu ialah pada saat seseorang anak manusia akan berumur 17 tahun, karena usia 17 itu di identik dengan usia kedewasaannya seseorang, pada saat dia berusia 17 tahun maka merayakan ultah itu dianggap sebagai wajib hukumnya, sebab mereka akan melepas status masa Remaja ke status masa Dewasa yang sudah lama mereka nantikan.Yuupss, bagi sebagian orang usia 17 tahun merupakan usia dimana seseorang sudah tahu mana yang baik dan mana yang bururk. Di usia itu juga banyak gejolak yang terjadi. maka sebagai seorang manusia yang baru berumur 17 tahun hendaklah menjaga diri sebaik mungkin.



Ketiga, Selain itu juga 17 Ramadhan merupakan hari turunnya Kitab Suci Al-Quran, dan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Rasulullah SAW yang jatuh pada tanggal 27 Rajab juga bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 1945. Sebenarnya apa Rahasia Dibalik Angka 17http://deniadeputra.students-blog.undip.ac.id/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.giftersebut? Oleh pesan yang dibawa Nabi Muhammad setelah beliau berisra' mi'raj mengahadap Allah SWT adalah perintah menjalankan shalat fardhu lima waktu yang seluruhnya berjumlah 17 rakaat. Mengapa harus berjumlah 17 rakaat? 17 merupakan angka yang ganjil, Allah SWT juga menyukai angka yang ganjil, karena Allah SWT juga ganjil, hanya Allah lah yang boleh disembah, dan kita pun tidak boleh menduakannya, karena itu merupakan perbuatan musyrik, dan syirik merupakan dosa yang terbesar. Asyhadualla Ilailahaillallah, Aku bersaksi Bahwasanya Tidak Ada Tuhan selain Allah.



Nah terakhir, angka 17 merupakan angka yang membawa ku ke sebuah tempat yang menciptakan insan yang unggul. That's my school ^_^.  DI tempat itulah saya bertemu dengan orang yang benar-benar unggul alam segi akademik hingga non-akademik. SMA 17 merupakan sekolah kebanggaan seventeenagers. Hmmm tak lama lagi sekolah ini bakalan aku tingalkan dan menuntut ilmu ke jenjang berikutnya. Banyak kenangan yang tersimpan dalam memori otak ku yang berhubungan dengan tempat ini. Well, semoga di tahun 2012 ini Angkatan 18 of 17 bisa LULUS UN DAN SNMPTN. Aammiin!!

Mungkin itulah sekelumit kejadian unik yang menyagkut dengan angka 17 yang penulis uraikan disini, walaupun masih banyak kejadian-kejadian lain yang belum teruraikan. Dan mungkin yang lebih membuat angka 17 itu semakin unik adalah jika kejadian itu berlangsung pada seorang anak yang akan berusia 17 Tahun bertepatan dengan hari 17 Agustus dan 17 Ramadhan, tentu itu kejadian yang tak akan terlupakan sepanjang masa bagi si anak tersebut, sebab itu jarang sekali atau membutuhkan waktu beberapa puluh bahkan ratusan tahun untuk bisa terulang kembali dengan kejadian yang sama.

sumber: http://media.kompasiana.com/new-media/2011/08/16/keunikan-angka-17/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar